Rabu, 04 April 2012

Makan Ga' Makan Kumpul (Manusia dan Keindahan)

Keindahan adalah sifat-sifat yang merujuk kepada sesuatu yang indah di mana manusia mengekspresikan perasaan indah tersebut melalui berbagai hal yang mengandung unsur estetis yang dinilai secara umum oleh masyarakat. Keindahan dapat terdapat pada semua elemen seperti keindahan alam , Keindahan Seni Visual, Suara ataupun Keindahan Manusia. Unsur atau sifat keindahan dapat membuat manusia merasa baik , membuat atau menciptakan perasaan manusia menjadi lebih baik. Namun kebanyakan dari kita sering mengartikan keindahan sebagai sesuatu yang enak dan menyenangkan untuk dilihat dan dirasakan.

Seperti yang sudah disebutkan diatas, keindahan tidak hanya bisa dilihat tetapi juga bisa dirasakan . yang artinya keindahan bukan hanya berupa berupa benda ataupun objek yang enak dilihat. Tetapi bisa juga berupa sesuatu yang menyangkut perasaan. Contohnya adalah kebersamaan. Kebersamaan yang dirasakan manusia terhadap lingkungan disekitarnya juga bisa menimbulkan perasaan yang indah.

Manusia adalah makhluk sosial yang tidak bisa hidup sendiri. Manusia membutuhkan kebersamaan dalam kehidupannya. Tuhan menciptakan manusia beraneka ragam dan berbeda-beda tingkat sosialnya. Ada yang kuat, ada yang lemah, ada yang kaya, ada yang miskin, dan seterusnya. Demikian pula Tuhan ciptakan manusia dengan keahlian dan kepandaian yang berbeda-beda pula. Semua itu adalah dalam rangka saling memberi dan saling mengambil manfaat. coba bayangkan apabila kita hidup sendiri. Rasa saling membutuhkan telah mendorong manusia untuk saling berhubungan dan saling berinteraksi antar sesama, baik kepada sahabat maupun keluarga. Dengan kebersamaan manusia bisa mendapatkan sesuatu yang dibutuhkan. Contoh kecilnya adalah sebagai berikut :
  1. Di dalam berjalannya rumah tangga, jelas tidak bisa berfikir sendiri dan merasa sendiri.
  2. Di dalam berjalannya roda pemerintahan juga tidak bisa antara yang dipimpin dengan yang memimpin saling berfikir sendiri dan merasa sendiri-sendiri.

Kedua contoh tersebut menjadi bukti bagi kita akan pentingnya saling memahami Arti Kebersamaan, dan masih banyak lagi bentuk kehidupan Komunitas manusia yang dibagun tidak berdasarkan,berlandaskan Kebersamaan, pasti berakibat dan mengakibatkan kegagalan, kehancuran bagi Komunitas tersebut.

Contoh lain dari indahnya dari kebersamaan adalah saat kita berkumpul dengan keluarga. Tentunya sangat menyenangkan jika kita bisa selalu berkumpul dan saling berbagi kepada keluarga kita. Namun bukan hanya kepada keluarga saja tapi juga kepada teman-teman dan lingkungan disekitar tanpa harus memandang suku, agama dan ras maupun latar belakang. Kesimpulanya betapa menyenangkan apabila setiap manusia bisa saling menghargai dan saling melengkapi karena itu merupakan suatu keindahan yang tidak ternilai harganya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar