Selasa, 12 Juni 2012

Bangga "Batik" (Manusia dan Kebudayaan)

Indonesia kaya akan alam dan kebudayaan, berbicara kebudayaan di Indonesia tentunya kita tahu bahwa ada banyak sekali kebudayaan yang ada di negeri yang kita cintai ini. Hampir setiap pulau ditinggali oleh suku dan ras dan tiap-tiap suku dan ras mempunyai kebudayaannya sendiri. Sampai banyaknya, negara tetangga sampai iri bahkan mengklaim bahwa kebudayaanya milik mereka (negara tetangga) salah satunya batik.


Batik merupakan warisan nenek moyang Indonesia ( Jawa ) yang sampai saat ini masih ada. Tradisi membatik pada mulanya merupakan tradisi yang turun temurun, sehingga kadang kala suatu motif dapat dikenali berasal dari batik keluarga tertentu. Beberapa motif batik dapat menunjukkan status seseorang. Bahkan sampai saat ini, beberapa motif batik tadisional hanya dipakai oleh keluarga keraton Yogyakartadan Surakarta

Namun seiring berkembangnya zaman, kebudayaan di Indonesia mulai luntur. Hal ini dikarenakan semakin berkembangnya teknologi yang mempunyai dampak negatif terhadap kebudayaan Indonesia. Dengan banyaknya media elektronik kebudayaan barat mulai mengubah pola pikir masyarakat Indonesia. Karena pola pikir masyarakat Indonesia yang masih rendah, mereka dengan mudah mengikuti budaya barat. Sehingga mereka cenderung melupakan kebudayaanya sendiri.
Kita harus bangga menjadi orang indonesia karena memiliki kebudayaan yang begitu kaya, untuk itu sebagai generasi muda kita harus menjaga dan melestarikannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar