Jumat, 28 Mei 2010

Tugas 4 Implementasi Sistem Informasi

Dalam pengimplementasian sebuah sistem informasi ada manfaat/keuntungan, kekurangan serta kendala yang dihadapi. Jelaskan :

1. Apa manfaat/keuntungan dari sebuah sistem
informasi?

Jawab:

a) Organisasi menggunakan sistem informasi untuk mengolah transaksi-
transaksi, mengurangi biaya dan menghasilkan pendapatan sebagai salah
satu produk atau pelayanan mereka.
b) Bank menggunakan sistem informasi untuk mengolah cek-cek nasabah dan
membuat berbagai laporan rekening koran dan transaksi yang terjadi.
c) Perusahaan menggunakan sistem informasi untuk mempertahankan persediaan
pada tingkat paling rendah agar konsisten dengan jenis barang yang
tersedia.

2. Kekurangan apa saja yang terdapat pada sistem
informasi?

Jawab:

a) (keluwesan sistem)
Sistem yang berjalan di instansi Balai Sabo belum dapat menyesuaikan
dengan segala keadaan maupun perubahan yang terjadi.

b) (kemudahan akses)
Aplikasi Lotus 123 dan Ms. Excel 97 yang digunakan oleh Balai Sabo di
dalam mengolah data penggajian belum mampu untuk dapat membaca atau
memahami segala persoalan.
Contohnya dalam perhitungan PPh Pasal 21.

c) (kapasitas dari sistem)
Sistem yang ada di Balai Sabo hanya mampu menampung sebagian data-data tentang pegawai yang berguna sebagai dasar penentuan gaji.Hal lain yang dibutuhkan, seperti data gaji berkala pegawai belum dapat ditampung dalam sistem lama

d) (ketepatan waktu menghasilkan informasi)
Sistem yang ada dapat dikatakan memiliki ketepatan waktu dalam menghasilkan informasi. Hal ini terbukti dari pembayaran gaji pegawai yang tidak pernah terlambat.

3. Kendala apa saja yang dihadapi apabila ingin
mengimplementasikan sebuah sistem informasi?

Jawab :

a) Kurangnya informasi dari user
b) Tidak lengkapnya kebutuhan dan spesifikasi yang diperlukan
c) Terdapatnya perubahan kebutuhan dan spesifikasi ketika project
berjalan
e) Kurangnya kemampuan skill dari user.

4. Bagaimana cara mengatasi kendala yang dihadapi
tersebut?

Jawab:

a) Mengidentifikasi masalah
- Penyebab masalah yang ada
- Mengkaji ulang subyek-subyek permasalahan Apa masalahnya
- perkiraan jawaban/penyebab masalah
- Identifikasi titik keputusan
penyebab masalah Suatu kondisi yang menyebabkan sesuatu terjadi.

b) Membuat laporan hasil analisis
- Konfirmasi hasil-hasil temuan
kepada pihak yang dipercaya.
- Meminta masukan dari pihak yang bisa
dipercaya.
- Meminta persetujuan dari pihak yang terkait.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar